SELAMAT DATANG ... WELCOME ... HORAS ... MEJUAH-JUAH ... YA'AHOWU .... MEDIA ONLINE SUARA MASYARAKAT SUMUT .... MEDIA - IKLAN & PROMOSI SUMATERA UTARA ....

SEBELUM DILARUNG, SAPI DINIKAHKAN DENGAN GUSTI


Yeh Embang, Sebelum Dilarung ke tengah laut, sapi betina sempat dinikahkan dengan pemuda yang menyetubuhinya.

Usai upacara pecaruan bersih desa, prosesi dilanjutkan dengan pernikahan antara Gusti KNA dengan sapi betina yang sebelumnya ia setubuhi. Saat pernikahan aneh dan langka tersebut berlangsung, pihak keluarga pelaku melarang para awak media mengambil gambar.

Setelah prosesi pernikahan tersebut, sapi yang sedang bunting 3 bulan itu kemudian dilarung atau ditenggelamkan ke tengah laut dengan bantuan perahu jukung.

Kejadian di luar akal sehat yang dilakukan Gusti dipergoki oleh Gusti Ngurah Dinar, warga Banjar Bale Agung, Yeh Embang saat melintas di lokasi.

Saat dipergoki, pelaku buru-buru menaikkan celananya, yang sebelum dipelorotkan saat menyetubuhi sapi.

Dinar pun lantas melaporkan kejadian tak lazim tersebut kepada Bendesa Pekraman Yehembang, Ida Bagus Legawa. Mendengar laporan yang sangat aneh itu, Legawa lantas memusyawarahkannya dengan Pengurus Desa dan warga. Akhirnya disepakati untuk melakukan pecaruan bersih desa, lantaran perbuatan Gusti tersebut dinilai sudah mengotori desa.

Upacara pecaruan oleh warga Desa Yehembang dilakukan Jumat (11/6) di lokasi kejadian. Seluruh biaya yang diperlukan dalam upacara tersebut ditanggung oleh Desa Pekraman. Sementara pelaku hanya didenda 2.000 keping pis (uang) kepeng bolong.

Selain dilakukan di lokasi kejadian, pecaruan juga dilakukan secara menyeluruh hingga ke Pura Kahyangan Tiga di desa setempat.

“ Hari ini kami bersihkan kembali desa pekraman setelah dicemari oleh kejadian itu “ ujar Legawa. (bc)

TANGKAP DAN PENJARAKAN BUPATI TOBA SAMOSIR



KETUA KOMISI C DPRDSU, MARKUS PDAM TIRTANADI



AROGANSI BALON WAKIL BUPATI TOBASA




MEDAN - PEKANBARU - PERAWANG - BANGKINANG - KERINCI - JAMBI - DUMAI - SIBOLGA

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP